jump to navigation

Meninggalkan Kemewahan Membangun Ekonomi Pedesaan Desember 14, 2010

Posted by Desa Sima in Inspirasi.
Tags: , ,
trackback
Chhavi Rajawat berusia 30 tahun meninggalkan kemewahan perusahaan dan kehidupan kota untuk menjadi kepala desanya di Rajasthan. Dengan gelar di bidang manajemen bisnis dia bertekad untuk memperbaiki kondisi kehidupan desa-nya dengan menyediakan air minum yang aman dan menciptakan kesempatan kerja.

Bagi sebagian besar, itu akan menjadi langkah mundur. Tapi bagi Chhavi Rajawat, meninggalkan kemewahan perusahaan dan kehidupan kota untuk kembali ke desanya, Soda, 60km dari Jaipur, sebagai sarpanchnya merupakan perjalanan ke akarnya. Dia bilang dia membayar utangnya kepada desa di mana ia dibesarkan.

Mengais ilmu sebagai mahasiswa Rishi Valley Bangalore dan Lady Shriram College, Rajawat menambahkan pendidikannya dengan gelar sarjana manajemen bisnis. Dia bekerja dengan lima perusahaan dalam berbagai kapasitas sebelum mengubah fokus.

Tapi hari ini, ketika Chhavi mengepalai pertemuan National Rural Employment Guarantee Act (NREGA) di desanya, dia cepat muncul dengan perubahan wajah pedesaan Rajasthan. “Ini harus berubah. Ada begitu banyak yang dapat dilakukan,” katanya.

“Bahkan, gelar manajemen bisnis saya membantu saya mengurus desa lebih baik. Ini adalah semacam kerja sosial yang mengalir dalam darah saya,” kata perempuan tersebut.

Dan itu adalah perubahan yang Chhavi atributkan pada kakeknya Brigjen Raghubir Singh. Sebagai sarpanch dari Soda, tahun yang lalu, ia telah membuat ibu Chhavi melewati desa tanpa kerudung. Penduduk desa tampak terkejut ketika mobil masuk tapi tak seorang pun mengucapkan sepatah kata pun.

Rajawat bilang dia mengarungi ke dalam politik, yang didukung oleh para penduduk desa. “Ada suatu pemberontakan melawan sarpanch. Penduduk desa tidak menginginkan dia dan meskipun saya harus bersaing melawan istrinya dan wanita lain, saya berhasil menang. Para penduduk desa melihat saya sebagai anak desa dan ingin saya untuk menang, “katanya.

Chhavi Rajawat, gadis dari perusahaan yang berpaling menjadi sarpanch dari Rajasthan, mengatakan ia sudah terbiasa dengan kehidupan desa. “Saya terbiasa. Saya dibesarkan bermain dengan anak-anak petani. Selain itu, rumah orangtua saya di Soda, jadi saya menghabiskan waktu di sana dan tidak melewatkan apa-apa. Saya cukup nyaman,” katanya. Selain sarpanch, ia juga menjaga hotel yang dimiliki keluarganya di Jaipur dan sekolah berkuda. “Itu adalah gairah,” dia menjelaskan.

Dia juga berusaha mengubah pola pikir. “Penduduk desa yang telah terbiasa untuk tidak bekerja dan mengambil pembayaran parsial untuk NREGA. Saya harus mengubah itu. Saya pergi melakukan kunjungan kejutan dan memberi mereka omelan jika mereka tidak bekerja,” katanya. “Tapi fokus saya adalah pada membawa air minum yang aman dan meningkatkan peluang kerja di desa dengan melibatkan LSM,” kata Rajawat.

“Ini jelas jauh lebih menantang. Ini jalan yang lebih besar, ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan di sini dan fakta bahwa begitu kita sudah terdidik dan terbiasa dengan kehidupan kota kita begitu terjebak di dalamnya sehingga kita lupa akar kita,” kata Rajawat.

Dengan pendidikan sekolah asrama, gelar dalam manajemen dan pengalaman kerja, Chhavi bukanlah Sarpanch boneka. Apakah itu dalam mengorganisir kerja NREGA atau mempertahankan transparansi.

“Saya sangat berbeda dan sangat teratur. Jadi itu juga membantu sedemikian rupa. Hal ini dapat menakutkan juga, karena desa tidak terbiasa. Jadi, ketika saya memberitahu sekretaris dan sekretaris panchayat untuk mendokumentasikan sesuatu dengan cara tertentu, ada perlawanan. Tapi ketika saya memberitahu mereka mengapa mereka mengerti,” ia menambahkan.

Sementara ia bekerja pada rencananya untuk mendapatkan air minum yang bersih untuk desanya dan melihat bahwa gadis-gadis dari Soda memiliki pilihan untuk mempelajari apa yang mereka suka, inilah mengapa orang berunjukrasa di belakangnya.

Asharam Gujjar, seorang penduduk desa di Tonk Soda mengatakan: “Sekarang perempuan bisa pergi dan mendapatkan pekerjaan mereka secara langsung. Masalah mereka bisa diselesaikan. Dia berpendidikan jadi dia mengambil keputusan yang tepat. Dan, kami berharap dia akan mendapatkan pembayaran penuh kami yang bekerja di NREGA, tidak seperti sebelumnya ketika kita hanya mendapat pembayaran parsial.” (iw/ow/ibn)

sumber: suaramedia

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

