jump to navigation

Manfaat Dibalik Segarnya Air Kelapa November 2, 2011

Posted by Desa Sima in Kesehatan.
Tags: ,
trackback

SIMA – Air kelapa selain bisa dinikmati sebagai pelepas dahaga yang menyegarkan ternyata memiliki beragam manfaat dan khasiat.

Dibalik rasanya yang manis, enak dan menyegarkan ternyata Mampu mencegah dehidrasi, maag, sampai kanker.  Ora percaya? Silahkan dibaca dan dipahami manfaat air kelapa seperti yang dilansir detikfood.

Minum air kelapa dingin saat cuaca terik, terasa begitu menyegarkan. Sejak dulu air kelapa dipakai sebagai minuman pelepas dahaga. Nutrisi yang terkandung di dalam air kelapa juga diyakini sebagai obat beberapa penyakit.

Air kelapa merupakan salah satu cairan murni yang rendah karbohidrat, 99% rendah lemak dan juga rendah gula yang aman dikonsumsi buat penderita obesitas dan diabetes. Menurut data dari USDA National Nutrient 100gr air kelapa mengandung 19 kalori, 0,2 lemak, 1,1 serat 0,72g protein dan 0mg kolesterol. Juga mengandung magnesium, kalsium, vitamin B, C, zinc, yodium, mangan dan selenium.

Karena kandungan nutrisinya, air kelapa punya beberapa khasiat untuk menjaga kesehatan:

Dehidrasi
Air kelapa berisi lima elektrolit seperti natrium, kalium, klorida, kalsium dan magnesium. Nutrisi ini berperan penting untuk melindungi tubuh dari dehidrasi dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Jaga berat badan
Air kelapa memiliki kalori yang rendah. Buat mereka yang minum air kelapa secara rutin bisa menyimpan ribuan kalori per tahun yang membantu tubuh menurunkan serta menjaga berat badan tetap ideal.

Sistem kekebalan tubuh
Air kelapa memiliki kandungan asam laurat yang juga ditemukan dalam air susu ibu (ASI). Asam laurat pada air kelapa merupakan zat yang berperan sebagai antimikroba, antibakteri, antijamur dan antiprotozoal. Minum air kelapa secara rutin bisa membantu memelihara sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan metabolisme
Air kelapa berperan penting untuk membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel darah yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Mual
Minum air kelapa bisa mengurangi rasa mual atau muntah. Biasanya para penderita tifus, malaria, demam atau penyakit lain cenderung merasa mual dan ingin muntah.Dengan perbanyak minum air kelapa, rasa mual dan dehidrasi bisa dicegah.

Pencernaan
Air kelapa terdiri dari banyak enzim bioaktif alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroxidase, dan RNA polimerase. Secara keseluruhan enzim ini membantu memperlancar sistem pencernaan dan metabolisme tubuh dan cegah sembelit.

Kolera
Air kelapa mengandung albumen alami yang baik dikonsumsi oleh penderita kolera.

Maag
Air kelapa merupakan obat alami yang efektif untuk mengendalikan intensitas refluks asam yang bisa memicu penyakit maag. Minum air kelapa secara rutin bisa mencegah masalah pada lambung yang memicu tarjadinya sakit maag.

Kanker
Studi menyebutkan bahwa kandungan sitokinin pada air kelapa bertindak sebagai anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik serta anti-kanker. (Elf/Det)

Komentar»

1. ruhulawil - Desember 14, 2011

tanks infonya bro

Desa Sima - Mei 31, 2012

Sama-sama mas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: