jump to navigation

Plesirak yuk nang kebon teh Sidamulya… April 4, 2012

Posted by Desa Sima in Kabar Sima, Wisata.
Tags: ,
trackback
Agrowisata kebun teh di dusun Sidamulya-Tretep-Desa Sima

Perkebunan Teh Joglo Sijago merupakan salah satu dari kurang-lebih 400 hektar kawasan perkebunan teh milik PTPN Semugih Pesantren di Dusun Simadu, Banyumudal.  Area Perkebunan Teh Joglo Si Jago terletak di dusun Sidamulya – Desa Sima. Terletak +/- 2 km dari jalan raya Moga-Karangsari.

PT Perkebunan Sumugih yang berada di lereng Gunung Slamet bagian utara itu, memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan lokasi PT Perkebunan Teh Tambi, di Kabupaten Wonosobo, PT Perkebunan Teh Jolotigo di Kabupaten Pekalongan, dan PT Perkebunan Teh Kaligua di Kabupaten Tegal.

Dikatakan memiliki kelebihan, sebab letak PT Perkebunan Sumugih sangat mudah dicapai terletak di jalur jalan raya Moga-Pulosari yang jalannya halus dan mulus. Luas perkebunan itu kurang-lebih 400 ha, fasilitasnya juga seperti yang ada di PT Perkebunan Tambi, dan lain-lainnya, yang sudah cukup memadai.

Hamparan tanam teh berlatar belakang gunung Slamet

Di sana sudah ada mess yang dapat dijadikan penginapan, sekarang ada 17 kamar, ada aula, lapangan tenis, lapangan voli, lapangan sepak bola, tempat camping, dan pabriknya dengan jalan raya hanya beberapa meter (sekitar 200 meter saja). Pemandangan alam di sana juga indah tidak kalah dengan Tambi, Jolotigo, dan sebagainya.

Seorang warga melintas di areal perkebunan teh

Untuk saat sekarang telah dioperasikan juga pada tanggal 9 Januari 2012 Pondok Wisata Simadu sebagai salah satu unit produksi SMK Pariwisata Liberty PEMALANG. Dengan suasana alam yg indah dan sejuk serta letaknya yang tidak jauh dari kebun teh  menjadikan Pondok Wisata Simadu tempat yang asyik dan sehat untuk bermalam, dengan suguhan makanan khas tradisional dan suara alam akan menjadi kenangan tidak terlupakan

Jalan setapak perkebunan

Udara sejuk, suasana nyaman, aman, dari jauh tampak Gunung Slamet nan indah. Sayang potensi seperti itu, belum banyak dimanfaatkan untuk kegiatan agrowisata khususnya oleh masyarakat Pemalang. Para remaja, para pejabat, PKK, para siswa SD, SLTP, SLTA, seperti belum tahu bahwa di daerahnya ada potensi agrowisata yang baik, indah, sejuk, dan nyaman. Kalau potensi itu dikembangkan bersama Pemda Kabupaten Pemalang, maka dapat saja semua kegiatan apakah itu rapat-rapat, rekreasi keluarga, studi tur siswa, digalakkan ke sana. Apalagi kalau digabungkan dengan Pesanggrahan Moga yang memiliki kolam renang alami, sebab jaraknya hanya 1,5 km, maka potensi itu akan saling mengisi.(Diolah dari berbagai sumber/Elf)

Komentar»

1. uchupzz cah banyumudaL - Mei 10, 2014

NYONG TAU DOLAN MONO

Desa Sima - Oktober 26, 2015

mestine mas…maturnuwun


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: