jump to navigation

Potensi Desa

Sumber Daya Alam

Desa Sima memiliki potensi alam yang menjanjikan untuk dikembangkan menjadi potensi pariwisata  yaitu Obyek Wisata. Misalnya saja curug sibedil yang berada di dukuh Karangbulu, Agrowisata Kebun teh Semugih milik PTPN di Dukuh Sidamulya dan beragam pesona alam lainnya. Terutrama pemandangan alam dan hamparan lahan pertanian yang merupakan sumber mata pencaharian utama penduduk desa.

Seni & Budaya
Potensi Seni & budaya di Desa Sima sangat beragam , unsur Jawa dan Islam begitu mendominasi kehidupan masyarakatnya melahirkan ragam budaya yang sangat menarik. Diantaranya: Seni tari  kuntulan dari dukuh Karangbulu, Seni Terbang Kencer, Seni Kasidahan, Budaya Ruwat (Bersih) Desa, seni Jaran Ebeg atau kuda kepang dan beragam budaya khas masyarakat Jawa pedalaman yang kental unsur Islamya.

Pertanian dan Perkebunan
Hasil pertanian utama di Desa Sima adalah padi, jagung, ketela dan hasil pertanian lainnya. Sedangkan untuk hasil perkebunan unggulan diantaranya cengkeh, Alpukat, Kelapa dan buah kelapa.

Kerajinan Tangan
Masyarakat Desa Sima selain bekerja dibidang pertanian juga bergelut pada bidang kerajinan tangan. Sektor ini juga sangat menjanjikan bagi kesejahteraan masyarakatnya. Salah satu kerajinan tangan yang masih tetap eksis di desa Padangbulia adalah kerajianan tangan anyaman baik anyaman bambu berupa peralatan dapur seperti, Tampah (tampi), Tempat Nasi dan beragam peralatan lainnya. Kerajinan lainya yang cukup terkenal adalah pembuatan pisau, cangkul dan ragam alat pertanian seperti sabit dll.

Peternakan

Potensi sektor peternakan juga cukup berkembang di DesaSima diantaranya yang sudah dikembangkan oleh masyarakat setempat adalah ternak Kambing, ternak sapi , ayam pedaging, bebek, dan sebagainya. Budidayabermacam ternak ini masih dilakukan secara rumahan dan merupakan pekerjaan sampingan selain menjadi petani. Namun demikian pengembangan ternak ini sangat membantu perekonomian masyarakat.
Kuliner/ Makanan

Selain beragam potensi diatas, Desa Sima juga menyimpan potensi lain yang cukup menari yakni potensi disektor makanan. Diantaranya makanan tersebut adalah Sauto Ayam, Sauto Babat,

ttd
Admin

Komentar»

1. zaenal - Agustus 2, 2011

salam kangen karo wong sima, aku wong sima tulen tapi sue nang njakarta arep melu takon, nang sima ana kabar apa lan perkembangane wis anjog ndi ?

Desa Sima - Agustus 3, 2011

salam kangen juga, Sima kabare biasa-biasa bae…urung ana kemajuan sing luwih berarti…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: