jump to navigation

Stok Beras Aman April 8, 2010

Posted by Desa Sima in Ekonomi dan Bisnis.
trackback

PRODUKSI padi yang cukup berlimpah membuat ketahanan pangan di Kota ’Iklhas’ semakin kuat. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya produksi beras, bahkan hingga mengalami surplus pada tahun 2009.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang Eko Budi Priyanto kepada Radar baru-baru ini. ’’Produksi beras kita pada tahun 2009 mengalami surplus sebesar 102 ribu ton,” katanya.

Kondisi stok pangan beras yang relatif aman, lanjut Eko, itu dilihat dari banyaknya produksi padi pada tahun 2009 yang mencapai 422 ribu ton. Ini merupakan hasil panen padi di lahan seluas 78 hektar yang tersebar di seluruh Kabupaten Pemalang.

Sedangkan jika dilihat dari besarnya kebutuhan akan beras dalam per bulannya, mencapai kurang lebih 10, 9 ribu ton dengan jumlah penduduk 1,4 juta jiwa.

Setelah tahun 2009, produksi beras dinyatakan aman karena mengalami surplus. Sehingga, untuk bisa mempertahankannya, akan terus dilakukan berbagai upaya. Perkiraan target produksi padi untuk tahun 2010 ditetapkan sebesar 435 ribu ton, dengan tingkat besarannya yang sedikit mengalami peningkatan.

’’Peningkatan produksi padi yang diimbangi dengan terjadinya peningkatan jumlah penduduk, maka target perkiraan produksi beras tahun 2010. Meski masih terjadi surplus, namun sedikit mengalami penurunan. Yaitu, sebesar 95-100 ribu ton saja,” jelasnya. (mg1)

Sumber: Radar Tegal

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: